Review Portal Berita Online


Nama                    : Evita Rosmaidah
NIM                       : 14160194

 A. Website berita yang merupakan edisi online dari media cetak atau elektronik adalah :
·         Elshinta dari Radio Elshinta
·         Medcom.id dari TV Metro tv News
·         Kompas.com dari TV Kompas

 B. Yang merupakan situs berita online murni adalah Vivanews dan Yahoo news

C. Yang merupakan situsi indeks berita adalah Yahoo News, seperti ambil dari liputan6.com, merdeka.com, wow.com, dsb 

D. Yang merupakan website multimedia dengan memiliki berita teks,galery,foto,video, dan audio adalah
·         Kompas : punya TV
·         Medcom : punya Video, Foto, Grafis, Live TV
·         Elshinta : punya Foto, Audio, Video, Infografik
·         Vivanews : Foto, Audio

E. Edisi online berita yang gratis di akses tersebut tentu berdampak pada penjualan media cetak. Hal ini di karenakan perkembangan zaman yang sangat canggih dan efisien sehingga membuat orang cenderung segala informasi didapatkan secara mudah dan kapan saja. Maka media online menjadi banyak peminatnya, namun tetap masih ada penjualan media cetak mungkin untuk kalangan yang belum modern ( orang jadul) yang masih mempercayai ke valid tan dan memercayai lebih kredibel media cetak di banding online.

f. Media cetak elektronik tentunya harus membuat edisi online nya di karenakan perkembangan zaman yang mengharuskan untuk melakukannya. Berbagai media cetak/ elektronik yang sudah mendapatkan nama dan kepercayaan masyarakakat akan lebih baik jika memperlebar sayap nya ke industri online agar dapat memperluas market bisnis secara global juga dan juga berjalan beriringan dengan perkembangan teknologi agar terus mendapatkan hati dan kepercayaan masyarakat.

 G. Iklan yang ada pada kompas.com, elshinta, dan metro tv news hampir sama dengan iklan-iklan produk karena mungkin dengan melebar nya media cetak dan online pula, lebih luas pula jangkauan orang yang akan melihat berita itu sehingga mereka dapat memasang tarif lebih besar untuk jangkauan orang yang lebih luas pula. Jadi pemasang iklan akan lebih efektif pula apabila memasang iklan dengan semaksimal mungkin melalui media cetak, elektronik, dan online dengan harapan si pemasang iklan mendapat market yang luas.

 H. Tidak di haruskan, dikarenakan kalau cetak atau elektronik biasanya waktunya lebih lama  seperti harus tunggu besok cetak dan kalau dalam media TV harus masuk dalam proses editing, dubbing, dan lain sebagainya. Kalau media online, kejadian saat itu bisa langsung di publish, misalkan kejadian pukul 18:23, bahkan sampai menitnya pun jadi menurut saya tidak harus yang di online di terbitkan dulu karena waktu efektif kejadian terlalu lama apabila menunggu media cetak atau elektronik terpublish.

  I. Menurut saya antar Vivanews dan Kompas.com lebih kredibel Kompas.com. Dalam sumber di google.com bahwa Kompas sudah dari tahun 1964 sedangkan viva didirikan tahun 2004. Dari umur berdiri pun kita sudah mengetahui bahwa Kompas tentunya mendapat banyak pengalaman dalam mencari berita. TV Kompas, Koran Kompas juga sudah banyak orang yang mengenal nya dan berlangganan sejak dulu. Berbeda dengan Viva yang baru terkenal dan bahkan saya baru mengetahui nya setahun belakangan ini , bisa dibilang kurang nama di masyarakat. 

.J. Yahoo News diberikan ijin oleh media media online lain karena jangkauan dari Yahoo yang sudah mendunia dan sangat luas, sehingga antara media online yang lain dan Yahoo mendapatkan keuntungan mutualisme. Yahoo dapat berita untuk di publish, sedangkan media yang di ambil mendapatkan market pembaca yang luas. Karena pas di klik di laman Yahoo pun, nanti akan langsung di tujukan pada link asli media tersebut.
Misalkan : Buka di yahoo news, nanti kalau di klik beritanya bisa langsung tersambung pada liputan6.com, ataupun merdeka.com.

Comments

Popular posts from this blog

ANALISA FEATURE KIAT: HOW-TO-DO-IT

Bye Bye Sedotan Plastik !

Step by Step Rekayasa Bentuk Buah yuk !!